DAKWAH UNTUK MENCAPAI RIDHA ILAHI

Tuesday, March 24, 2009

UKM LDK ULUL ALBAB MENGADAKAN PELATIHAN INTERVIEW KERJA DAN PEMBUATAN CURRICULUM VITAE


Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Dakwah Kampus Ulul Albab Fakultas MIPA Unsyiah mengadakan Pelatihan Interview Kerja dan Pembuatan Curriculum Vitae yang diikuti sekitar 65 orang yang berasal dari berbagai kalangan baik mahasiswa yang kuliah di Syiah Kuala, IAIN Ar-Raniry, Muhammadiyah, guru dan siswa SMA di Banda Aceh. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 22 Maret 2009 bertempat di Dessiminasi Fisika FMIPA Unsyiah.
Acara ini menghadirkan 2 orang pemateri yang berkompeten di bidangnya. Pemateri yang pertama ialah psikolog dari Psikodista yaitu Yusniar Idris, M.Psi yang menyajikan materi tentang bagaimana menghadapi wawancara kerja mulai dari saat pertama berhadapan dengan interviewer hingga pada saat akhir dari wawancara. Di akhir dari materi pelatihan interview, seorang peserta diwawancarai sebagai simulasi dan kemudian dikoreksi dimana kekurangan agar pada saat wawancara sesungguhnya lebih baik. Pemateri yang kedua yaitu Muslim Amiren, M.Info.Tech yang memaparkan tentang bagaimana membuat Curriculum Vitae yang menarik agar perusahaan yang membaca tertarik kepada pelamar.

Menurut ketua umum LDK Ulul Albab Taufiq M.Isa, saat ini persaingan di dunia kerja cukup ketat, oleh karena itu hendaknya pelamar pekerjaan harus mempunyai keahlian-keahlian sehingga mampu bersaing baik lokal maupun internasional. Terkadang kita tidak mampu bersaing sehingga pekerja-pekerja dari luar daerah mendominasi lapangan pekerjaan yang ada di Aceh, padahal potensi Sumber Daya Alam yang kita miliki melimpah ruah, namun potensi Sumber Daya Manusia yang kita miliki belum memadai.

Program ini merupakan tawaran dari Pembantu Dekan Bidang Kemahaiswaan. Dalam sambutannya Pembantu Dekan III FMIPA Unsyiah Dr. Said Munzir, M.Eng.Sc pada saat membuka acara mengatakan pihak dekanan bertanggung jawab dalam meningkatkan potensi mahasiswa guna dapat bersaing di dunia kerja, karena sesungguhnya universitas adalah agent of change. Pihaknya terus mendorong mahasiswa untuk mengembangkan potensi mahasiswa baik dari segi kewirausahawan maupun potensi-potensi lainnya. Seperti dalam pelatihan ini yang sebenarnya tidak di dapat di bangku kuliah, pelatihan-pelatihan seperti ini diharapkan terus digalakkan minimal setahun sekali atau bahkan dalam satu semester sekali, sehingga dengan meningkatnya kemampuan para pekerja kita maka meningkat pula daya saing negeri ini.

0 comments:

Cepretan

Design by Abdul Munir Visit Original Post Islamic2 Template